Pages

Senin, 26 November 2012

"Perahu Kertas" Berlayar di Hatiku


Eaaaa, judulnya gombal abis. hahaha , sayang sekali ini bukan kisah cinta gue. ini kisah tentang kecintaan gue terhadap buku khususnya novel. 


Dari SMP gue punya kebiasaan membaca , tapi yang unik adalah gue ngak suka baca teenlit , karena menurut gue teenlit itu terlalu gampang untuk ditebak , bayangin aja dari sinopsis belakang bukunya , udah bisa ditebak si tokoh utama akan jadian sama siapa atau akan seperti apa jalan ceritanya. Malaslah gue. hahaha. Masih ingat , perpustakaan SMP gue yang mungil tapi isinya komplit, buku favorit gue waktu SMP adalah semua karangan Hilman dkk : Lupus, Lulu , Olga , Lupus Kecil . gue babat habis semua serinya , gue suka banget cara bercerita Hilman yang unik , lucu dan anak muda banget . Hilman habis , beralihlah gue ke Agatha Christie dan  Enid Blyton , seri "Malory Towers". Seri terakhirnya "Kelas Terakhir di Malory Towers adalah buku terakhir yang gue pinjam di SMP (membekas banget ui )  . 



lupus si jambul

olga penyiar radio
maloory towers



Lulus SMP , mulailah gue manfaatkan perpustakaan SMA . yang gue paling malas dari perpus SMA gue adalah  bayar kalo mau minjam , 500 perak 1 minggu . Dendanya sadis, lewat 1 minggu , sehari 500 perak . Maklum SMA gue gede , dan kalo ga dipungut biaya, gue rasa banyak buku yang gak balik lagi ke perpus. di SMA ini gue menemukan kecintaan pada novel karya Mira W (kata teman gue bacaan gue tante tante banget, hahhaa) Eits! jangan salah dulu  . Menurut gue novel Mira W, walau tipis bukunya , tapi berat isinya . Gimana ngak  , dalam 1 buku biasa ada kejadian tokoh utamanya hilang ingatan , saudaranya mati ,suaminya lumpuh , anaknya hamil diluar nikah . Hahahaaa , Gokil ! memang banyak drama, tapi bukan drama kacangan kayak sinetron Indo ya. Babat habis novel Mira W di SMA. sampai sekarang kalo gue liat ada diskonan buku Mira W, pasti gue beli .  


                                




Dan di kampus gue sekarang , perpustakaanya luar biasa ! Tarumanagara Knowladge Center, elit bener . Banyak banget buku fiksi dan non fiksi yang sayang banget kalo gak dibaca . Manfaatkanlah perpustakaan sekolah dan kampusmu dengan bener guys , daripada lu beli novel diluar yang akhirnya lu buang entah berantah sehabis baca. mending di perpus ngirit , hemat , dan banyak pilihan.



PERAHU KERTAS , SEBUAH NOVEL YANG INDAH


                                    



Nah sekarang gue mau bahas novel yang gue bilang bagusnya parah di blog sebelum . Tak lain tak bukan novelnya berjudul "Perahu Kertas" karya Dewi Lestari a.k.a DEE. Sebenarnya novel ini uda keluar dari ttahun 2008 , tapi mungkin karena filmnya baru keluar tahun ini , jadi tambah booming lagi. Gue sendiri belum nonton filmnya ,jadi kurang tau seperti apa hasil novel ini di filmkan. yang jelas gue memang lebih suka baca novelnya dulu  baru nonton filmnya. karena gue suka membandingkan apakah imajinasi gue lebih Wow , ketimbang filmnya. Contoh Harry Potter, menurut gue filmnya keren banget , sama seperti novelnya. Sedangkan film yang menurut gue gagal adalah film tentang vampir ganteng , cewek pucat , dan serigala berotot , novelnya lebih bagus daripada filmnya . Balik lagi ke perahu kertas . dari sisi penulisan , jangan ditanya lagi si Dee ini sebagi salah satu penulis wanita Indonesia oaling hebat di masa ini .



Cara penulisannya luar biasa rapih , Dee tau bagaimana membuat sebuah struktur tulisan (SPOK) yang baik dan ringkas (tidak bertele- tele) , dan pada akhirnya mengantarkan kita dengan mudah pada "theater of mind" yang luar biasa . Dua Jempol untuk Dee!



Untuk kisahnya sendiri . banyak banget gue belajar dari novel ini , Looh koq bisa ? bisa sekali teman . novel yang meceritakan cinta , persahabatan , dan impian banyak banget ngajarin gue sebagai anak muda.nih gue sebutin ya :



1. Be Yourself  ! seperti Kugy yang unik sampai dipanggil Mother Of Aliens , dia tidak pernah malu untuk jadi dirinya sendiri . Pake baju semau dia , pake jam tangan kura - kura ninja ,berkhayal dimanapun , gak malu sama impiannya , dan yang pastinya nyaman sama dirinya sendiri.



2. Be Honest to your friends: Kugy pada akhirnya harus "perang dingin" sama Noni karena gak mau mengakui perasaanya pada Keenan . setelah kebenaran terkuak , akhirnya baikan.



3. Percayalah dan Gapai impianmu ! Gak ada yang namamnya impian mustahil di dunia ini , selama lu mengusahakan . percayalah the power of dreams itu ada . Life is full of possibilities!



4. Biarkan hati yang memilih cinta , bukan dipilih . Cinta itu ketika pada akhirnya dengan rela lu berikan pada orang itu , tanpa diminta , bukan logika yang bermain disini . tapi pure hati lu .





Udahan dulu deh , kalo lama - lama nama gue bisa berubah jadi Silvita Teguh dan blog ini bisa berubah jadi Goldenfield , hehehe




Trimakasih untuk : Natalya Wijaya yg udah minjamin novel yang begitu bagus.




SELAMAT MEMBACA TEMAN - TEMAN , selamat malam :D


1 komentar:

Natalya Wijaya mengatakan...

sama-sama Silvita! :D hahaha *numpang eksis abis*

salam coldplay!

Posting Komentar