Pages

Minggu, 18 Agustus 2013

Silvi Anak Magang (start)




Ga berasa banget gue uda 3 tahun kuliah . Dari seorang abege labil yang linglung sama lingkungan baru , sampai jadi abege labil akhir yang bentar lagi menyongsong cahaya masa depan *aseek hoeek

Nah klo di fakultas gue , yakni Fikom Untar , salah satu syarat kelulusan adalah magang atau praktek kerja lamapangan atau kkn atau apalah sebutan dari kampus kalian . Buat gue  magang itu adalah pemanasan sebelum kita ke dunia kerja . ibarat sebelum berenang pemanasannya adalah loncat indah dengan ketinggian 10 meter goyang keplek keplek dikit biar ga kram .


Nah setelah dua bulan lamanya gue menjadi musafir cinta magang , akhirnya gue menemukan tempat yang rela menampung gue (perlu dicatat gue masih spesies manusia ) . yaitu stasiun tv yang slogannya milik kita bersama dan yang seragamnya bikin ngiler orang , yep Trans Tv.

Pasti banyak pertanyaan bagaimana caranya bisa magang di Trans Tv ? Kalau anda bertanya pada saya , anda bertanya pada orang yang salah . Kenapa bisa salah ? karena gue masuk karena faktor HOKI sodara sodara , (read : rencana Tuhan ) . mari saya ceritakan dari kisah awal saya magang serta pengalaman magang  saya .( siapin makanan , minuman , chiki dan buah buahan buat sajen gue )



Dua bulan sebelum magang gue dan teman – teman menyebar cv ke seluruh perusahaan media (karena konsentrasi kuliah gue adalah Jurnalistik ) lucunya gue tidak naroh cv ke trans tv atau trans 7 . karena menurut gue itu merupakan segitiga bermuda Jakarta . klo datang , susah pulang gara – gara macetnya yg super dahsyat .  Sampai suatu hari gue dating ke Indonesian Broadcasting Expo . dan di sana ada job fair. Kebetulan gue cuma bawa 1 cv dengan amplop yang udah lecek” pula . Trus karena gue uda naro semua cv gue di stasiun tv disana , kecuali trans tv . maka gue taruh satu satunya cv gue di booth Trans tv . Gue pasrah lihat tumpukan cv pelamar kerja di meja booth yang superb tinggi .


Seminggu setelah itu , gue dapat sms dari trans tv . diundang untuk datang interview dan psikotes . sampai gue mikir “Ajib amat nih tv , anak magang di psikotesin . Mungkin mereka ga sembarangan nerima anak magang x ya . trus gue akan lulus tes kejiwaan atau nga ya? (aQyu cemaz NgetZ temanz) “ . Datanglah gue ucuk ucuk ke Trans Tv (singkat TTV ) . dan setelah gue ke ruangan yang di tentukan ternyata Oh ternyata !  itu adalah interview buat lowongan kerja! sampai ada yang dari Bandung , Malang bahkan Makassar teman – teman . ketika semua orang pada nervous . gue malah ngajak ngomong mas – mas bagaimana cara pergi ke Malang naik kereta dengan murah , dan apa tempat wisata yg bagus disana (ingat !traveler sejati selalu ingat jalan – jalan dimanapun berada)

Sungguh Mas” dan Mba” yang mau ngelamar kerja itu kece badai . Gue sampai bingung gue lagi di acara lamaran kerja media apa kerja jadi pramugari-gara . setelah disuruh ngisi formulir secara lengkap lalu di suruh psikotes , gue mengangkat tangan “Mba aku ngelamar magang bukan kerja mba” (ketahuilah sodara sodara gue takut ga lulus pas di psikotes , hahaha )   “ooh kamu magang tohh , keluar dulu ya , nanti ketemu sama HRD magangnya “


Lalu bertemulah gue dengan HRD magang TTV . si mas ciamik ini sangat ramah . gue di interview dan semua jawaban gue fleksibel . “silvi, kamu anak jurnal , tapi kalau di taruh di program gapapa kan?” gapapa mas , saya fleksibel . “ silvi , klo jam pulangnya ga kayak jam kantor gapapa kan?” gapapa mas , saya fleksibel. “silvi kamu kuliah di mana ?” fleksibel mas , “silvi jenis kelamin kamu apa?” fleksibel mas . Lalu setelah melewati interview yang semua ajwabannya fleksibel itu , gue di janjikan akan di kabari tanggal 20-an Juni . sedangkan gue harus magang tanggal 1 Juli . itu sungguh mepet sodara- sodara . jadi kesimpulan yang gue tarik adalah gue tidak boleh berharap banyak di TTV . karena itu bener – bener mepet .


Pertengahan Juni teman teman seperjuangan gue mencari magang uda mulai dapat tempat magang semua . Gue bener bener deg-deg an . Hampir semua anak di kelas Jurnal uda dapat tempat magang . Mereka sampai kasih banyak no HRD media ke gue (terharu banget ) . Dan saat itu gue masih gila , gue masih nunggu panggilan dari media cetak inceran gue (gue lebih prefer ke media cetak drpd tv saat itu , ada deh sebab”nya) . CV pertama gue hilang di media itu , karena ga serahin lansung ke hrd magang , cv ke 2 gue di PHP in . Akhirnya gue mikir kenapa gue ga lancar banget di media cetak ini , tidak jodohkah  ? Cuma satu keyakinan gue . Dimanapun gue magang , Tuhan punya rencana , dan pasti ada sesuatu yang harus gue pelajari disana .

"sometimes what you want isn’t what you need .God the one who knows what you need"


Akhir Juni , gue follow up mas  hrd TTV . dia suruh gue datang besoknya . dan ternyata saya diterima *horray  masuk ke Unit Talent news . Berkenalanlah gue dengan  Ka Boy , yang akan jadi mentor gue . dijelaskanlah tugas tugasnya . Jadi tugas Unit Talent news ini adalah memproses permintaan talent dari progam di news divison , sampai proses deal dealan harga , sampai masukin kontrak agar diproses ke pemabayaran akhir lewat program komputer . Gue sempat mikir sebenarnya ini kerjaan ga ada hubungannya sama jurnalistik ya . Tapi lagi lagi gue percaya pasti ada sesuatu yang bisa dipelajari , dan bisa gue sambung – sambungin di jurnalistik , dan ketika orang orang hunger games untuk bisa magang di Trans Tv , masa gue membuang kesempatan ini ?  Dan betul aja , setelah hampir 2 bulan , gue betul - betul bersyukur bisa magang di Unit Talent News Trans Tv , kenapa?  


  
Yuk lanjut di PART II ya pengalaman magangnya  -_-v


3 komentar:

Rahmad Rizaldhi mengatakan...

boleh minta contac HRDnya ga ..??

muhammad abaz mengatakan...

Wah, seru juga pengalaman magangnya !

Jadi inget Tempat Magang Di Jogja dulu sewaktu belajar tentang dunia internet marketing.
Nggak kalah seru lah, meski gak punya basic IT tapi tetap dibimbing 3 bulan sampai bisa menghasilkan di dunia internet marketing.

Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

david san mengatakan...

Mbak mau nanya untuk broadcaster tugasnya apa? Terima kasih

Posting Komentar