Pages

Selasa, 20 Agustus 2013

Silvi Anak Magang (finished Trans Tv)


Jumat kemarin, 16 Juli 2013 adalah hari terakhir gue magang di Unit Talent Trans Tv. Sedih rasanya ningalin orang-orang yang hampir dua bulan ini ketemu terus, belajar bersama, makan bersama, bercanda bersama. *huaaa, nagis sepanci dan airnya dipake buat rebus mie instan .

Flashback dari awal gue magang, gue disambut sangat baik sama Ka Boy si empunya kerajaan Unit Talent News, dan anak anak magang sebelumnya, Elsa dan Novie . Gue diajarin  cara proses kontrak lewat program komputer, dan gue juga bertemu dua anak magang lain selain gue. Tifa dan Debo dari universitas Budi Luhur, dan dua anak magang lainnya yang menyusul Merlinda dan Mey yang sama sama dari Fikom Untar konsentrasi PR. Lalu juga ada anak PKL dari SMA Bogor , Ismi yang diplesetin namanya percaya diri banget It's Me ! hahhaa.

Nah di Unit Talent news ini gue belajar banget sama yang namanya melobby orang. Gue belajar untuk jadi orang yang lebih perez, tidak menembak orang lansung. Jadi dulu gue itu betul betul parah dalam urusan melobby. Ibarat gue adalah sniper yang klo ngomong lansung mati orangnya *shy beneran . Ini contoh kejadian beneran :

Gue dan Valen datang ke biro administrasi dan mahasiswa untuk keperluan ambil dana acara Radio Kampus .

Gue        : Siang Pak Z (di sebelah gue ada valen)
Bapak Z : Siang , mau napain dek ?
Gue        : Mau minta duit pak
Pak Z dan Valen : ...... *shock
Gue        : *Cengo dalam hati "gue berbuat salah ya?"
Pulangnya Valen bilang "Gila sil, lu kayak mau malak orang, basa basi dikit buu ."

Selain belajar melobby orang, jadi mentor gue ini,  Ka Boy memperbolehkan anak anak magangnya kalau mau ikut syuting program-program yang ada di News Divison . Menurut Ka Boy, anak magang itu jangan dibatasi kreatifitasnya, karena klo dibatasi akan sulit berkembang dan berinovasi . Nah karena kaki gue "gatel" dan gue bukan tipe orang yang suka di kantor maka ikutlah gue ngitilin liputan atau syuting di program lain. Tim pertama yang gue intilin adalah Tim program "Buah Hati" kebetulan ada anak magang Buah Hati juga. Namanya Nova yang kuliah di Solo. Syuting Buah Hati yang gue ikutin waktu itu adalah episode bintang tamu Panji Pragiwaksono di Taman Burung TMII, seru banget men ! gue belajar proses sebuah syuting, wisata lihat -lihat burung, dan foto " sama orang orang di Program Buah Hati. Pulangnya di traktir buka puasa bersama sama tim Buah Hati . YEAY !


sama mba Donna di taman burung

sama Mas Panji


Tim ke dua yang gue intilin adalah dari Program Reportase. Mas Denny dan Mas Andri. Disini gue belajar proses pencarian bertita jurnalistik. Sayangnya karena sudah waktunya mudik, narasumber yang harusnya di wawancara pada pulkam semua :( muntaber deh. Gue baru tahu ini singkatan dari pulang tanpa berita .

Tim ke 3 yang gue intilin adalah Mas Aryadita "Ditto" Utama sama Mas Indra dari program Reportase juga. Tugas yang diberikan adalah meliput keluarga bahagia naik busway keliling Jakarta karena Jakarta sepi. Nah , diputuskanlah akan mencari keluarga bahagia itu dari halte busway Raguanan. Sampai di Ragunan -sssiing-  sepi banget men. itu H-1 lebaran. Bahkan buswaynya ga jalan jalan karena ga ada orang. Entah bagaimana caranya akhirnya mas ditto ini berhasil meyakinkan korlip untuk ngeliput turis turis asing di Ragunan. Karena pas di Parkiran mibil banyak orang bule. Nah , Mas Dito , Mas Indra dan gue  lansung masuk ke Ragunan zoo dan -ssiing lagi - sepi banget. Orang bulenya entah berantah kemana, Ragunan gede cuy ! hahaa. Jalan  kakilah kita bertiga cari bule , padahal hari itu Mas Indra dan Mas Ditto sedang puasa hari terakhir. Akhirnya ketemu deh keluarga keluarga bule itu di depan kandang komodo .

Mas Ditto " sil ,lu bisa ngomong bahasa inggris kan ?"
Gue  :Little little i can mas (btw si Mas Ditto ini logat ngomongnya kayak cinta laura versi cowok , tp lebih normal . Usut punya paksa ternyata dia pernah tinggal di Chicago , makanya lancar abisss )
Mas Dito : klo gitu lu wawancara bulenya ya
Gue : wah , jangan mas , gue nervous mas
Mas Dito :  coba dulu , masa lu ga belajar apa apa jadi anak magang
Gue : iya juga ya

Abis dikasih tau angle beritanya sama mas Dito, pergilah gue nyamperin 1 orang mama Bule dengan 2 anaknya. " Hello miss , where are you come from ?" (sungguh itu pertanyaan tolol gue ke semua bule). Si bule senyum lalu mengambil langkah seratusduabelas.

Gue : lari ke mas Dito " Mas , gue ditolak mas . gue ditolak sama bulenya mas ! rasanya tuh sakit bgt mas , gue pengen lansung potong rambut"
Mas Ditto : emang sering begitu, makanya gue ngumpanin lu, hahaha. Coba lagi 
Gue  :dalam hati  *ini cuma nunggu waktu gue diumpanin ke komodo
coba lagi ke kedua mama bule dan tiga orang anaknya  dan berhasil ! bulenya mau di wawancara. Gue tarik mas Dittonya . "Mas lu duluan please mas , gue ga tau mau ngomong apaan". akhirnya mas Ditto yang wawancara di rekam sama mas Indra . . Selesai wawancara , kami ber3 keliling ragunan lagi untuk cari keluarga bule (ini bener- bener kayak stalker ) hahaha .Wawancara ke 2 , barulah gue yang bertanya pada keluarga besar bule. Dan atas kerandoman gue , gue menyuruh keluarga bule itu mengucapkan Happy Eid Mubarak to Indonesiap people . bulenya mau pula , hahahaa


Mas Dito dan Mas Indra in action
 
ketawa bahagia lihat bulenya bingung ngomong happy eid mubarak

Lanjut lagi , mencari bule...
Nah fokus gue berubah seketika ketika gue melihat Dino Monorail . gue tanya ke Mas Indra yang lagi rekam anak bule di Dino Monorail
Gue :  Mas , kalau gue naik itu cacat ga mas ?"
Mas Indra  : Cacat banget ,... jangan bilang lu mau naik itu ?  
Gue : Iya Mas ( angguk angguk), Mas Dito gue cacat ga klo naik itu ?
Mas Dito : nga kok, lu belum pernah naik itu kan ? naik aja lagi
Gue :  (galau banget gue takut mempermalukan trans tv , masa iya naik Dino Monorail . tapi gue pengen banget )
Mas Dito : lah dia galau, jangan bilang lu minta dibayarin ?
Gue : ngak mas (nengok ke Mas Indra)
Mas Indra : Yawda naik aja sana gih
Gue : Yes !( lansung ke mba mba tiket , pengen nawarin mas Dito sama Mas Indra tapi gue urungkan niat, daripada gue ditaroh di kandang komodo . hahaha)

Diatas Monorail gue di foto mas Dito dan di rekam sama Mas Indra. Sungguh gue seperti wisata bersama Papa Mama versi sama jenis .hihihi
Turun dari monorail , gue ke Mas Indra sama Mas Ditto . "yah , mukanya sumringah banget " Gue " hahaha , makasih ya mas ! "
foto by Mas Ditto

ini bukan lagi wawancara  tp lg beli tiket dino monorail


Di ragunan, gue interview mas Dito dan Mas Indra, dulu mereka kuliah jurusan apa  ( FYI mereka kuliah jurusan arkeolog dan teknik industri cyiin ! ), kenapa milih kerja jadi reporter dan kameramen , apa liputan mereka yang paling mengesankan (nah looh , wartawan di wawancara :P) dan ada kesamaan sama kami bertiga . Kami senenag banget lihat orang utan, gorilla, owa, dan sejenisnya di primata schumutser . Kami bertiga kayak paparazzi sama komentator monyet - monyet disana. Bahkan di kandang orang utan, kami sampai ngetem 20 menit saking sukanya lihat orang utan. Sampai akhirnya Mas Dito dapat telepon dari korlip dan dibilang liputannya naik sore ! Mamam ! hahaha
  
KESIMPULAN:
    
Kesimpulan yang gue dapat dari magang di trans tv ini orgnya baik semua.Banyak gosip magang di tv itu ga ena , khusunya Trans Tv .
Gue ga begitu tahu nasib  anak-anak magang lainnya. Tapi dari pengalaman gue, sungguh gue terharu dengan kebaikan orang orang di sana. Misalnya aja, karena gue magang pas bulan puasa, jadi sering ada buka bersama di kantor, dan sungguh orang - orang news lantai 3 itu peduli dengan anak magang. Mereka terus tanya uda ambil makanan atau belum ? kita bilang kita uda dapat jatah makanan nasi kotak. Sampai akhirnya Office Boynya membawakan lagi 1 orang 1 porsi lontong sayur yg sungguh enak itu *slurp. Trus Ka Igrah, Ka Ndu, Mas Dicky dari lapak sebelah juga sering kasih makanan kayak kurma, sirup, dll

Pas ikut tim Buah Hati buka puasa bersama, mereka mempersilahkan gue ambil lauk duluan, ditanya cukup nga, mau apa lagi. Perhatian sekali :"

Pas Ikut tim reportase, mereka tau gue ga puasa. Mereka bilang jangan sungkan klo mau makan minum, dan malah mereka yang maksa gue minum karena keliling yang lumayan jauh .

Sampai driver dan tukang penjual makanan disana aja baik banget :"D

Trus kesimpulan lainnya, tidak semua pegawai Trans Tv nyaman dilihatin orang dengan seragamnya. Seragam Trans Tv itu memang sesuatu, menarik perhatian banget . Ini disebabkan Trans Tv, merupakan statiun Tv pertama di Indonesia yang menjadi pelopor seragam kerja.

Sampai Mas Denny bilang " ga enak , tiap jalan itu jadi perhatian (gue rasa ini efek  mas Denny yang tinggi semampai dan rupawan juga, siapa juga nengok XD) . Mas Igrah di status bbmnya bilang pas beli sate, pulang kerja dilihatin orang banyak banget. Pas di ragunan, kami bertiga jadi pusat perhatian sampai ada yang bilang "eh ada orang Trans , dekat dekat biar ke shoot sana", kami bertiga saingan tipis sama gorila disana. Di restoran orang - orang lansung melihat , dan bilang " pasti lagi buka puasa bersama deh" . Tapi dari semua itu yang paling "antik" adalah Mas Indra , yang ditanya bule "Kapan pertunjukan kasih makan komodo dragonnya, zookeeper?" hahahaa. Sukses bikin ngakak gue dan Mas Dito.
Jadi mulai sekarang, biasalah kalau memandang orang-orang berseragam media. Jangan terlalu mupeng, karena kasihan orangnya jadi tidak nyaman.  

Kesimpulan terakhir adalah makanan di Trans Tv enak semua ! berat badan gue naik 3 kg dari sebelum magang! hahhaa. Reccomended itu cendol duren , bubur ayam keju telor kornet , batagor somay , ikan woku dan bakwan jagung bumahai ,pecel lela , rawon banyu urip , dan masih banyaaak lagi . 
cendol duren yang juara!


Akhir kata Makasih banget buat Ka Boy, pembimbing magang gue di Trans selama hampir dua bulan ini yang tidak pernah marah- marah , ngajarin dengan sabar walau gue slebor abis, sudah ngajarin banyak hal tentang kehidupan sampai dunia kerja yang nyata itu seperti apa . Makasih juga buat Marcell si pria bertatto yang teryata hatinya hello kity sudah jadi teman yang baik. Makasih buat orang - orang di lapak sekre. Mas Igrah, Mas Ndu, Mas Dicky, Bunda,Kak Ria yang sering ngasih pinjam barang dan kasih makanan, hehehe . Makasih buat teman teman magang di Trans, Merlinda yang rela gue tebengin tiap hari di motor, dan jadi ibu ibu rumpi. Mey, Debo, Tifa, Ismi yang menemani saya tiap harinya.

Makasih buat semua crew di lantai 3 News  yang ramah banget dan tidak ragu berbagi ilmu ke anak Magang. Makasih buat Pak Wid sama Mas Yono OB lantai 3 trans yang suka becanda bgt. dan Satpam" yang ramah banget. Semoga kita semua sukses jaya !

Ka Boy , mentor superb baik

Marcell si lelaki bertatto

ramai ramai sama ka ndu dan igrah

Mey , Tifa ,Ismi, Merah ,Debo di lapak Unit Talent :DD


Nyempil di siaran Ma Iqbal dan Mba Tifanny


Mas Dito sama Mas Indra yang pecah abis


Oh iya , gue juga ketemu teman baru anjing golden punya pertaminan Mampang . Namanya Ladies, pinter banget. pengen gue culik bawa pulang.




Suatu kesempatan luar biasa buat Silvi anak Jurnal bisa magang di Trans Tv
-Terimakasih Trans Tv-

14 komentar:

feby andrini mengatakan...

hai salam kenal. gw suka deh baca crtnya, seru gtu.
btw mau tnya dong tugas unit talent tuh ngapain aja sih?
pngn nyoba2 ngelamar ke trans tv, gw anak advertising kira2 yg jobdesk nya nyambung di gw apa ya?

Silvita Agmasari mengatakan...

Thank u feby,
tugas unit talent itu ngurusin kontrak artis, dari pertama dibuat , sampai dikasih ke bagian finance. bisa juga deal - dealan harga sama managernya, dan ikut syuting untuk minta ttd kontrak artis itu Feby

Abdul Ghofar mengatakan...

wahh
keren mbk,, saya mau tanya kalau magang disitu semua program studi bisa atau gk?
kalua saya jurusan bhasa sastra indonesia bisa?
terimaksih

Silvita Agmasari mengatakan...

kalau di bagian unit talent diutamakan fakultas ilmu komunikasi mas, kalau dibagian lain saya kurang tahu :D

rescha valentino mengatakan...

mbak saya mau nanya klo pkl di d trans dapet uang transport nya gk ? , bentar lagi aku juga mau pkl di trans :)

Pilihanku.. mengatakan...

salam kenal buat silvi, saya tertarik banget baca ceritanya. Kalo boleh tau, magang yang kamu udah lakuin untuk menunjang penelitian kamu atau sekedar magang untuk mencoba mendalami dunia kerja ?

andre de wyn mengatakan...

Hai,,,, aku andre dari Manado. Gini nih, komunitas gue mau bikin seragam kayak seragamnya crew Transcorp 'yg hitam'. Bisa minta tolong ga' ? Kira2x bisa di dapetin dimana yah kemeja hitam kayak gitu??. Sx lagi mohon bantuannya. GBU
Ini email aku ; andrekumajas@yahoo.co.id

Ruth Christy mengatakan...

salam kenal kak, seru banget itu. Aku juga pengen kayak gitu. Tapi skrg lagi bingung mau pilih jurusan apa, cara pas mau daftar magangnya gimana sih? makasih:)

Anonim mengatakan...

mbak, itu magang di trans tv< kitanya harus semester berapa ya? Atau anak sem 1 juga bisa?

Pricillia Vania mengatakan...

Hai silvi.. seandainya mau magang di trans gmn?? Langsung ke hrd?? Atau??

shigid tanu wijaya mengatakan...

Terimakasih gue ucapin buat lu mba, tulisan lu ini sedikit mengilhami gue yg rencananya mau magang di trans juga, walaupun rada keder dikit gue tdi banyak yg typo. Tapi gak jdi masalah, tulsan lu ini sekali lagi sangat membantu pencerahan banget. Thanks mba tulisannya.

Rizki maulana mengatakan...

mbak gue masi smk , jurusan komputer , aph bisa magang di situ

Septiya Umikulsum mengatakan...

kak, kalau PKL an disitu susah ngga?

Unknown mengatakan...

Kak , bantuin aku kak , pasti kakak punya kenalan di trans TV kan ?
Nama institusi aku blum terdaftar kak -_- pleasee bantuin bilangin ke crew nya kak -_- bantuin kak aku pengen banget magang disana :') :'(

Posting Komentar