Pages

Senin, 22 Juli 2013

Tamasya Perut di Bogor gor gor

WARNING ! Siapkan Mental dan Perut anda sebelum membaca blog ini ! Kalau anda tidak kuat , silahkan lambaikan tangan anda ke kamera , lalu berposelah dengan kamera diatas kepala dan jari telunjuk di depan bibir yang manyun ! 

Saudara saudara ... Pertama tama kalau kata Jeremy Teti , berrrrhati - hatilah bila mengisi bbm . Karena apa ? karena bbm adalah modal pertama untuk yang mau wisata kuliner di luar kota . isilah yang full , dari angka 0 ya pak (*jadi mba - mba pertamina) . Karena kalau amit - amit lu nyasar terus kayak gue , dan ga bisa baca peta , dan GPS satu- satunya adalah bertanya pada orang . Bensin harus dipastikan full cuy !

Hari itu mataharinya cerah banget , gue pergi 1 mobil ber -8 , bersama sahabat karib yang karena namanya sangat panjang mari gue singkat dengan ininsial bet ,ras, sel , dan nyil . 3 orangnya lagi ayo coba tebak ! . Kita berangkat jam 9 pagi , biar ga macet dan bisa main ngepoll di Bogor . 

Destinasi pertama ketika sampai Bogor adalah Surya Kencana . Daerah ini merupakan Pecinannya Bogor . Dulu di Jaman Belanda , Surya Kencana ini merupakan satu - satunya jalan menuju Puncak . Sekarang banyak jalan menuju Roma Puncak . tapi kenapa kamu ga coba lewat Surya Kencana dan cicipi kekayaan kuliner Indonesia disini ?

Pemberhentian pertama  , kami numplek di Rumah makan ..... (Gue lupa sumfeh nama tokonya . hahaa . bentar gue badai otak duyu a.k.a brainstorming  ) 

1 menit ...
5 menit....
1jam...

AHA ! nama tokonya "Ngohiong Khas Bogor "  Nama yang sangat bagus bukan !? *pantesan lupa -_-
Mirip BANGET sama tokonya , menu utama yang khas dan kudu di coba dari toko ini adalah ngohiongnya ! ngohiongnya pakai bumbu kacang gitu . hampir mirip sama siomay , tapi lebih khas  + kalau disini jangan lupa cobain Mie kangkung nya . Klo gue jujur lebih recommend mie kangkung nya . kuahnya kental , dagingnya kerasa banget jangan lupa pakai jeruk nipis dan di makan saat panas *sluurrp 








Nah , diluar toko ngohiong ini ada gerobak yang jual lumpia basah . Lumpia basahnya juga enak ;9 . rasanya mirip bumbu dan sayur sayur yang biasa ada di kwetiauw goreng . dibungkus besar dengan kulit lumpia . soal halal saya ga tau , soal enak ini enak ! soal harga , ko ga salah 10 rebuan . cobain deh ga nyesal .




Lanjut cusss..
Masih di surya kencana , perut bergeser ke Soto Mie Agih . Pesananya adalah Soto Mie Bakut (lagi - lagi tak halal ) , dan di depan soto mie Agih ada yang jual Toge Goreng , Soto Kuning Bogor (I know guys , i was regret not to ordered Soto Kuning Pak Yusuf which is the Legend on Surya Kencana) dan ada juga yang jual cincau hijau , dan es manisan mangga .

Soto Mie Agih ? THIS IS THE WINNER on Surya Kencana . Jangan harap akan ketemu mie kuning + risol gorengnya . ini bener bener beda. Rasanya sungguh unik . suapan pertama gue makan berasa agak aneh di lidah . suapan ke dua sampai terakhir , surgaaa dunia ! rasanya seger , ga bikin enek . karena asem asem , dan  gue ga tau apaan itu item item yang pahit . tapi malah itu yang bikin unik dan enak . 





Toge Goreng? yummy , porsinya juga ga pelit . tapi tidak ada yang special . sama aja kayak toge goreng lainnya



Soto Kuningnya ? not bad , terbukti abangnya sangat berpengalaman .Bumbu kuningnya menyatu banget di mangkok . itu bukti klo soto itu bagus (Bumbu sama kuah ga pecah ) .





Cincaunya ? segeeerr . ga pake pengawet atau pemanis bauatan. Es manisan mangga ? gue ga gitu suka karena warnanya yang horor . tapi buat Saras , es ini ajiib , seger semeriwing
saras tersenyum dengan es mangganya














Lanjut lagi , masih di Surya Kencana . sebelum  ke Kebun Raya Bogor , mari beli besekan buat di makan di mobil .

Teman teman yang lain , beli combro untuk di Kebun Raya  (No cure , sampai saat ini menurut gue combro Bogor ga ada yang ngalahin . besar + masih tetap garing walau ditinggal lama ,karena ada parutan kasar singkong di luar nya + isinya ga pelit).


sumber : google


Karena gue mau sok bangsawan , disaat yang lain makan combro misro ,gue sok makan roti . Maka mampirlah gue ke toko roti De Paris . To be honest , gue sangat tertarik dengan segala hal yang vintage . begitu juga toko makanan . Menurut gue toko makanan yang udah tua dan bisa bertahan sampai sekarang membuktikan kalau mereka punya menu yang disukai banyak orang .

Dan di Toko roti De Paris ini sangat unik . ga kayak toko roti modern , toko roti ini sangat menarik dengan roti roti Eropa sederhana dengan etalase sederhana pula . Tapi rasanya ajib dan klasik . Pilihan roti gue jatuh pada roti high calsium . Roti ini roti tawar yang dioles banyak mentega . sampai lihatnya aja ngiler . Dan rasanya . PARAH (ga lebay) ini enak ! Nyesel banget cuma beli satu T_T




Ga lupa , sebelum pergi gue juga jajan es Pala . ini dia minuman khas Bogor . tapi gue ga gitu suka . airnya kemanisan , dan palanya sepet pedes . Malah si Unyil yang suka , dan gigitin palanya (pala bukan kepala)
manusia manis yang kesepetan karena es Pala

Yang unik dari surya kencana :

1. gerobak -gerobak makanan yang di depan rumah makan , bonnya bisa digabung dengan toko tempat kamu makan . Misal beli cincau dan soto kuning di depan soto Mie Agih , bayarnya satu aja , ke kasir soto mie Agih *to twitt banget toleransi antar penjual ini

2. Karena Surya Kencana itu jalan panjang , kamu cukup parkir kendaraan di depan gang Aut , dan jalan kaki untuk wisata kuliner

3. Walau ini daerah pecinan ,bukan berarti semua makanan enak tidak halal . banyak bgt yg halal dan lazis disini 



0 komentar:

Posting Komentar