Pages

Minggu, 18 Agustus 2013

Silvi Anak Magang (start)




Ga berasa banget gue uda 3 tahun kuliah . Dari seorang abege labil yang linglung sama lingkungan baru , sampai jadi abege labil akhir yang bentar lagi menyongsong cahaya masa depan *aseek hoeek

Nah klo di fakultas gue , yakni Fikom Untar , salah satu syarat kelulusan adalah magang atau praktek kerja lamapangan atau kkn atau apalah sebutan dari kampus kalian . Buat gue  magang itu adalah pemanasan sebelum kita ke dunia kerja . ibarat sebelum berenang pemanasannya adalah loncat indah dengan ketinggian 10 meter goyang keplek keplek dikit biar ga kram .


Nah setelah dua bulan lamanya gue menjadi musafir cinta magang , akhirnya gue menemukan tempat yang rela menampung gue (perlu dicatat gue masih spesies manusia ) . yaitu stasiun tv yang slogannya milik kita bersama dan yang seragamnya bikin ngiler orang , yep Trans Tv.

Pasti banyak pertanyaan bagaimana caranya bisa magang di Trans Tv ? Kalau anda bertanya pada saya , anda bertanya pada orang yang salah . Kenapa bisa salah ? karena gue masuk karena faktor HOKI sodara sodara , (read : rencana Tuhan ) . mari saya ceritakan dari kisah awal saya magang serta pengalaman magang  saya .( siapin makanan , minuman , chiki dan buah buahan buat sajen gue )



Dua bulan sebelum magang gue dan teman – teman menyebar cv ke seluruh perusahaan media (karena konsentrasi kuliah gue adalah Jurnalistik ) lucunya gue tidak naroh cv ke trans tv atau trans 7 . karena menurut gue itu merupakan segitiga bermuda Jakarta . klo datang , susah pulang gara – gara macetnya yg super dahsyat .  Sampai suatu hari gue dating ke Indonesian Broadcasting Expo . dan di sana ada job fair. Kebetulan gue cuma bawa 1 cv dengan amplop yang udah lecek” pula . Trus karena gue uda naro semua cv gue di stasiun tv disana , kecuali trans tv . maka gue taruh satu satunya cv gue di booth Trans tv . Gue pasrah lihat tumpukan cv pelamar kerja di meja booth yang superb tinggi .


Seminggu setelah itu , gue dapat sms dari trans tv . diundang untuk datang interview dan psikotes . sampai gue mikir “Ajib amat nih tv , anak magang di psikotesin . Mungkin mereka ga sembarangan nerima anak magang x ya . trus gue akan lulus tes kejiwaan atau nga ya? (aQyu cemaz NgetZ temanz) “ . Datanglah gue ucuk ucuk ke Trans Tv (singkat TTV ) . dan setelah gue ke ruangan yang di tentukan ternyata Oh ternyata !  itu adalah interview buat lowongan kerja! sampai ada yang dari Bandung , Malang bahkan Makassar teman – teman . ketika semua orang pada nervous . gue malah ngajak ngomong mas – mas bagaimana cara pergi ke Malang naik kereta dengan murah , dan apa tempat wisata yg bagus disana (ingat !traveler sejati selalu ingat jalan – jalan dimanapun berada)

Sungguh Mas” dan Mba” yang mau ngelamar kerja itu kece badai . Gue sampai bingung gue lagi di acara lamaran kerja media apa kerja jadi pramugari-gara . setelah disuruh ngisi formulir secara lengkap lalu di suruh psikotes , gue mengangkat tangan “Mba aku ngelamar magang bukan kerja mba” (ketahuilah sodara sodara gue takut ga lulus pas di psikotes , hahaha )   “ooh kamu magang tohh , keluar dulu ya , nanti ketemu sama HRD magangnya “


Lalu bertemulah gue dengan HRD magang TTV . si mas ciamik ini sangat ramah . gue di interview dan semua jawaban gue fleksibel . “silvi, kamu anak jurnal , tapi kalau di taruh di program gapapa kan?” gapapa mas , saya fleksibel . “ silvi , klo jam pulangnya ga kayak jam kantor gapapa kan?” gapapa mas , saya fleksibel. “silvi kamu kuliah di mana ?” fleksibel mas , “silvi jenis kelamin kamu apa?” fleksibel mas . Lalu setelah melewati interview yang semua ajwabannya fleksibel itu , gue di janjikan akan di kabari tanggal 20-an Juni . sedangkan gue harus magang tanggal 1 Juli . itu sungguh mepet sodara- sodara . jadi kesimpulan yang gue tarik adalah gue tidak boleh berharap banyak di TTV . karena itu bener – bener mepet .


Pertengahan Juni teman teman seperjuangan gue mencari magang uda mulai dapat tempat magang semua . Gue bener bener deg-deg an . Hampir semua anak di kelas Jurnal uda dapat tempat magang . Mereka sampai kasih banyak no HRD media ke gue (terharu banget ) . Dan saat itu gue masih gila , gue masih nunggu panggilan dari media cetak inceran gue (gue lebih prefer ke media cetak drpd tv saat itu , ada deh sebab”nya) . CV pertama gue hilang di media itu , karena ga serahin lansung ke hrd magang , cv ke 2 gue di PHP in . Akhirnya gue mikir kenapa gue ga lancar banget di media cetak ini , tidak jodohkah  ? Cuma satu keyakinan gue . Dimanapun gue magang , Tuhan punya rencana , dan pasti ada sesuatu yang harus gue pelajari disana .

"sometimes what you want isn’t what you need .God the one who knows what you need"


Akhir Juni , gue follow up mas  hrd TTV . dia suruh gue datang besoknya . dan ternyata saya diterima *horray  masuk ke Unit Talent news . Berkenalanlah gue dengan  Ka Boy , yang akan jadi mentor gue . dijelaskanlah tugas tugasnya . Jadi tugas Unit Talent news ini adalah memproses permintaan talent dari progam di news divison , sampai proses deal dealan harga , sampai masukin kontrak agar diproses ke pemabayaran akhir lewat program komputer . Gue sempat mikir sebenarnya ini kerjaan ga ada hubungannya sama jurnalistik ya . Tapi lagi lagi gue percaya pasti ada sesuatu yang bisa dipelajari , dan bisa gue sambung – sambungin di jurnalistik , dan ketika orang orang hunger games untuk bisa magang di Trans Tv , masa gue membuang kesempatan ini ?  Dan betul aja , setelah hampir 2 bulan , gue betul - betul bersyukur bisa magang di Unit Talent News Trans Tv , kenapa?  


  
Yuk lanjut di PART II ya pengalaman magangnya  -_-v


3 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh minta contac HRDnya ga ..??

Anonim mengatakan...

Mbak mau nanya untuk broadcaster tugasnya apa? Terima kasih

Angelladp mengatakan...

mau juga kak, pengen nawa aku kak bole ngk?
jujur sekarng aku pengen magang juga disana
tapi kek ngk ada keahlian khusus..
help mee .. give me saran hehe

Posting Komentar